Tuesday, September 29, 2015

Perluas Area Anti Riba


Gemburkan & perluas lahan tanam bersama Kopdar BIar RIBA raIB.
Perjuangan BIar RIBA raIB membawa kami pada 'konsepsi bercocok tanam', sebagaimana umumnya melibatkan lahan tanam, petani & benih.
"Petani dinamai ( الفلاّح ) al-fallah karena dia mencangkul untuk membelah (الفلح / al-falh) tanah lalu menanam, benih (habbah) yang ditanam petani menumbuhkan buah yang diharapkannya."
Buah berupa pembebasan hutang & RIBA dari apa-apa yang kita tanam sejak 2 tahun yg lalu, dengan susah payah diupayakan tumbuh. Meski tak kunjung berbuah, tetapi semua upaya membantu kami lebih mudah mengerti tentang teori yang harusnya lebih dulu dari praktek. Tidak bisa dan tidak boleh asal tanam, pun tidak pula hanya dikonsep atau dipelajari tapi tak kunjung melakukan.
Kini kami lebih berteori, tidak lagi asal melakukan. Teori & praktek sebagai satu keterpaduan niscaya mengantarkan kita semua pada kesuksesan atau kemenangan (falah). AllahulMusta'an.
Kemanakah teori itu dicari ? Di mana teori itu akan kita dapatkan ?? Teori manusia tak akan bisa mengantarkan kita pada kemenangan di tengah keadaan kaum muslimin yg serba terpojok hari ini, kita harus kembali pada petunjuk.
Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa, [Q.S 2 : 2]
Kopdar kita akan terus menggali berbagai petunjuk dari Allah & RasulNYA bersama ketaatan untuk menjalankan. Kopdar kita merupakan penyiapan lahan-lahan tanam & perluasan area untuk Jannah yang kita idamkan. Kopdar kita adalah cara kita saling mengenali berbagai potensi & mengikatkan diri satu dengan yg lain untuk mandiri dalam kebersamaan.

Dan tanah yang baik, tanaman-tanamannya tumbuh subur dengan seizin Allah; dan tanah yang tidak subur, tanaman-tanamannya hanya tumbuh merana. Demikianlah Kami mengulangi tanda-tanda kebesaran (Kami) bagi orang-orang yang bersyukur. [Q.S 7 : 58]
Jika tanahnya telah subur, maka habbah yg dijatuhkan angin pun, entah darimana datangnya, akan tumbuh menjadi jannah. InsyaAllah. Apalagi dari habbah yg kita tanam sendiri.
“Maka terangkanlah kepadaku tentang yang kamu tanam. Kamukah yang menumbuhkannya atau Kamikah yang menumbuhkannya.” (QS. Al-Waqi’ah : 63-64)
Hayya 'alal falah .. hayya 'alal falah .. bersama satu jamaah, kita rapikan shaff serta meluruskannya.
Imam Nawawi rahimahullah berkata, "Hayya 'alal falah artinya adalah marilah menuju keberuntungan dan keselamatan. Ada yang mengatakan : marilah menuju kekekalan. Maksudnya, datanglah untuk melakukan sebab kekekalan di dalam Jannah. (Syarah Shahih Muslim, hadits no. 379)
Kita barangkali tdk lagi bicara -hanya- RIBA, sebab jannah telah meliputi segala sesuatunya.
Perluas Area Anti Riba
Kopdar merupakan sarana kita menghimpun sebanyak-banyaknya para pelaku ekonomi yang kita sebut sebagai 4 pilar ekonomi umat, yaitu;
  1. Pedagang
  2. Produsen
  3. Pekerja
  4. Konsumen
Ke-4 pilar tersebut dikordinasikan oleh POSKO RCC di setiap wilayah. POSKO adalah singkatan dari POesat Simpul KOrdinasi. Sudah adakah Posko RCC di kotamu? di Kecamatan sampai Rt RW ?

Ikut Kopdar BIar RIBA raIB 
Bentuk Posko Riba Crisis Center 
Silakan daftar di sini.
  

No comments:

Post a Comment