Friday, June 10, 2016

PT. NORIBA INDONESIA BANGKIT

PROPOSAL BISNIS
BIar RIBA raIB


Judul:
Distribusi Produk PT. GONG NUSANTARA TAJIR

Pengelola:
PT. NORIBA INDONESIA BANGKIT
Komisaris:
Sutrisno (RCC Pusat)
082112030103
Dirut:
Arwanto (RCC Bekasi)
081219103663
Dir Keuangan:
Nanie Purwanie (RCC Bandung)
08122080713

Jenis Usaha:
Distribusi Penjualan

Modal Usaha yg diusulkan:
Rp. 100.000.000,-

1. RINGKASAN EKSEKUTIF

Jamaah Haji dan Umroh Indonesia semakin bertambah setiap tahunnya. Waiting list haji sudah mencapai 40 tahun, belum lagi ditambah dengan paguyuban-paguyuban tabungan haji dan umroh. Ibadah yang lebih banyak melibatkan fisik ini haruslah didukung oleh kesehatan yang prima. Untuk itu PT. NORIBA INDONESIA BANGKIT hadir untuk melayani kesehatan para tamu Allah. Disamping itu pula, jamaah Haji dan Umroh merupakan kekuatan ekonomi umat yang harus dibangkitkan dalam upaya menuju Indonesia Tanpa Riba insya Allah aamiin.

1.1 Tentang Produk

Produk diproduksi oleh PT. Gong Nusantara Tajir (SIUP: 2148/24.1.0/31.74.00.0000/1.824.271/2015 TDP: 09.03.1.46.98151)
 & Produk: Susu Haji Sehat, Tajir Coffe, Herbal sehat & modern.

2. IDENTITAS USAHA

2.1 Data Usaha 

¤ Jenis Usaha: Distribusi

¤ Alamat: Bandung
¤ Visi :
•Membangun Masyarakat Indonesia Sehat jasmani, rohani dan ekonomi.
•Mewujudkan jama'ah Haji Umroh Indonesia yang Sehat, beretika, bermartabat, berwawasan serta peduli terhadap lingkungan sekitar
¤ Misi :
•Pemberdayaan Institusi Haji Umroh untuk ikut mensosialisaikan persiapan kesehatan haji melalui asupan Nutrisi dan Gizi yang tepat.
•Memberikan edukasi, tentang pentingnya kesehatan kepada masyarakat haji umroh dan masyarakat umum.
•Membantu pemberdayaan potensi ekonomi masyarakat melalui program kemitraan.


2.2 Biodata Pemilik

Usaha ini dimiliki anggota Riba Crisis Center dan komunitas anti riba lainnya yang bersyirkah dalam
PT. NORIBA INDONESIA BANGKIT

2.3 Struktur Organisasi

Komisaris: Sutrisno (RCC Pusat)
Dir. Utama: Arwanto (RCC Bekasi)
Dir. Keuangan: Nanie Purwany (RCC Bandung)

3. ANALISIS PASAR & PEMASARAN

3.1 Produk

Bisa Dipercaya, Skala Besar, Jangkauan Luas, Stocking Besar

3.2 Target Potensial Market (TPM)

¤ TPM Nasional
•Jamaah Haji tiap tahun: 210.000
•Waiting List: 3.500.000
•Jamaah belum dapat porsi: 9.000.000
•Umroh per tahun: 2.000.000
•Pasca Haji: 500.000
•Total TPM Nasional: 15.210.000

¤ TPM Jawa Barat
•Jamaah Haji tiap tahun: 39.000
•Waiting List: 827.128
•Jamaah belum dapat porsi: 3.400.700
•Umroh per tahun: 793.000
•Pasca Haji: 150.000
•Total TPM Jawa Barat: 5.209.828

3.3 Kegiatan Pemasaran dan Promosi yang Akan Dilakukan

¤ promosi online melalui medsos, internet
¤ iklan media lokal cetak ataupun elektronik
¤ secara offline. Penetrasi outlet/apotik di setiap Kelurahan Jawa Barat

3.4 Target atau Segmen Pasar yg Dituju

1 Reseller 1 Kelurahan penetrasi ke outlet/apotik, biro travel, umum
¤Bandung: 31 Kecamatan. 277 Kelurahan
¤Bandung Barat: 15 Kecamatan. 165 Kelurahan
¤Bekasi: 13 Kec. ... Kel.
¤Bogor: 40 Kec. ... Kel.
¤Ciamis: 26 Kec. ... Kel.
¤Cianjur: 32 Kec. 348 Kel.
¤Cirebon: 40 Kec. 412 Kel.
¤Garut: 61 Kec. 420 Kel.
¤Indramayu: 31 Kec.  ... Kel.
¤Karawang: 30 Kec. 309 Kel.
¤Kuningan: 32 Kec. 376 Kel.
¤Majalengka: 26 Kec. ... Kel.
¤Pangandaran: 10 Kec. 92 Kel.
¤Purwakarta: 17 Kec. 192 Kel.
¤Subang: 30 Kec. 245 Kel.
¤Sukabumi: 47 Kec. 467 Kel.
¤Sumedang: 26 Kec. 277 Kel.
¤Tasikmalaya: 39 Kec. 348 Kel.
¤Kota Bandung: ... Kec. ... Kel.
¤Kota Banjar: 4 Kec. ... Kel.
¤Kota Bekasi: 12 Kec. 56 Kel.
¤Kota Bogor: 6 Kec. 68 Kel.
¤Kota Cimahi: 3 Kec. 15 Kel.
¤Kota Cirebon: 5 Kec. 22 Kel.
¤Kota Depok: 11 Kec. 63 Kel.
¤Kota Sukabumi: 7 Kec. 33 Kel.
¤Kota Tasikmalaya: 10 Kec. 69 Kel.
¤Total: 6.579 Kec. 76.546 Kel

3.5 Strategi Pemasaran
¤Kerjasama kemitraan terbatas, 1 Reseller 1 Kelurahan
¤Distribusi ke Outle/Apotik, Biro Travel, Umum
¤Iklan medsos (FB ads), SEO
¤Iklan media cetak lokal dan radio lokal
¤Penyelenggaraan Event-event komunitas


3.6 Analisa SDM

Dengan konsep penawaran kerjasama kemitraan terbatas, 1 Kelurahan dipegang oleh 1 Reseller maka dibutuhkan sebanyak 76.546 orang tenaga reseller yang akan melakukan promo, penjualan, dan monitoring distribusi produk di setiap kelurahan yang ada di Provinsi Jawa Barat.

3.7 Pola Kerja Pengembangan SDM (Reseller)

¤ Pertemuan 1: Lakukan Penawaran Bisnis dan membangun keakraban dengan durasi ± 90 menit (untuk data reseller pemula
¤ Pertemuan 2: Lakukan Pemaparan System E2 dengan materi Pull dan Push Faktor, tentang Brand, Produk, Segmentasi dll. Dengan durasi ± 4 Jam (paling lama 1 minggu setelah pertemuan 1)
¤ Pertemuan 3: Ajak Partner Reseller melaksanakan Grow, Speed, Hypnoselling, Persuasif Komunikatif.
¤ Pertemuan 4: Keep (Maintance), Speed (Kecepatan penuh), Inovasi + Kreativitas
¤ Pertemuan 5: Happy + Rich = Pengusaha yang Humanis

3.8 Syarat Partner Bussines (Reseller)

¤ Sehat
¤ Karakter Positif, Intelektual Sosial Ekonomi, Emosiona, Spiritual
¤ Menyediakan produk senilai:
A. Rp 500.000
B. Rp 1.700.000
C. Rp Tak Terbatas

3.9 Keuntungan Partner Bussines (Reseller)

¤ Bonus 10 persen dari jika merekomendasikan ke reseller
¤ Bonus 10 persen dari setiap pembelanjaan reseller yang direkomendasikan
¤ Mendapatkan bonus keuntungan langsung jika melakukan penjualan langsung ke Konsumen (kurang lebih 41 persen) per item produk
¤ Mendapatkan 5 kali pelatihan secara gratis, bagaimana menjadi Reseller profesional, kaya dan bahagia

4. ANALISA BISNIS

Contoh: 1 Produk yaitu Susu Haji Sehat

¤Target Potensi Market (TPM) Nasional
Target omset tahun 2016-2017 = 5% dari TPM (±200M)
¤ 15.210.000 x 5% = 760.500 x 3 box susu haji sehat = 2.281.500
¤ 2.281.500 x Rp 120.000 = Rp 273.780.000.000
¤ Total omset Rp 273.780.000.000 x 6 bulan = Rp 1.64 T

¤ Target Omset Jawa Barat
5% x 5.209.828 = 260.491 x 3
                          = 781.474 x 6 bulan
                          = 4.688.845x120.000
                          = 562.7 M

Modal Yang diusulkan
Rp 100 juta

Profit sharing
70% Pengelola
30% Pemodal

5. PENUTUP

Pilar Kemandirian yang ditegakkan oleh Riba Crisis Center melalui sarana PT. NORIBA INDONESIA BANGKIT  akan berhasil bila kita saling menguatkan. Bentuk penguatan yang diperluka antara lain:
1. Ikut serta sebagai Pemodal ketik: Pemodal kirim ke 0896.3893.2008 (sms/wa)
2. Ikut serta sebagai Reseller ketik: Reseller kirim ke 0896.3893.2008 (sms/wa)
3. Ikut serta sebagai Pemodal sekaligus juga Reseller. ketik: Pemodal Plus kirim ke 0896.3893.2008 (sms/wa)

Rekening:
Bank Syariah Mandiri
708-009-7691.
A.n Yayasan Indonesia tanpa Riba
Kode bank 451

Bukti transfer dikirim ditulis namanya dg jelas dan dikirim via WA atau inbok ke FP. NORIBA INDONESIA BANGKIT

Contoh perjanjian kerjasama dapat dilihat disini 


Demikian, terima kasih.
Jazakallahu khoiran katsiiran






No comments:

Post a Comment